Tanya Jawab Hoki Fengshui

Hoki :

Yth, Pak Teddy
Saya seorang laki-laki, tanggal lahir 04 Juni 1988. Jam kelahiran 23.05. Saya sekarang ingin mencoba membuka usaha peternakan hewan di antaranya tokek hias/leopard gecko dan kadal hias. Apakah usaha ini cocok dengan saya atau ada alternatif usaha lain? Apakah usaha peternakan ini bisa maju?
Demikian mohon saran-saran dari Pak Teddy.
Terima Kasih.

Dani
Jakarta Barat

Dilihat dari data-data kelahiran yang Anda berikan, maka Anda berada dibawah naungan shio Naga. Mengenai usaha peternakan hewan seperti yang Anda sebutkan, sebenarnya usaha itu bukan yang paling tepat bagi Anda, meskipun juga tidak buruk. Tentunya akan membantu dan lebih baik lagi hasilnya jika Anda sudah memiliki pengalaman dalam bidang bersangkutan. Oleh karena itu saya rasa Anda bisa menjalankannya sebab Anda masih memiliki hoki pada bidang tersebut. Namun yang perlu diperhatikan adalah, tahun Kelinci Emas ini bukanlah merupakan tahun yang cukup baik bagi Anda sehubungan dengan bisnis dan usaha. Maka akan lebih baik kalau Anda bisa menunda dulu niat untuk membuka usaha peternakan hewan tersebut hingga tahun depan. Sudah merancang langkah dan perencanaan dari sekarang boleh saja, tetapi saran saya tidak usah buru-buru dan memaksakan diri untuk memulainya tahun ini juga.

Yth Bpk Teddy di tempat,
Saya sudah dua tahun menjalankan usaha toko pakaian. Saya tidak tahu dan tidak yakin apakah usaha ini cocok dengan saya atau tidak. Karena pada setahun pertama, usaha ini cukup berkembang dan menghasilkan. Sedangkan pada tahun kedua, mulai mengalami penurunan. Data saya adalah 25 maret 1982.

Selly – Bogor

Dilihat dari data-data kelahiran yang Anda berikan, maka Anda berada dibawah naungan shio Anjing. Saya lihat sebenarnya Anda sudah cukup cocok dengan usaha toko pakaian tersebut. Kalau pada setahun pertama Anda merasa cukup baik perkembangannya namun menurun pada tahun selanjutnya, mungkin faktornya adalah karena Anda melakukan perubahan-perubahan tata letak pada toko yang ternyata tidak sesuai dengan aturan fengshui, atau karena peruntungan Anda pada tahun sebelumnya memang tidak sebaik tahun ini. Tetapi karena peruntungan shio Anjing adalah bagus di tahun Kelinci Emas, maka saya rasa Anda tidak perlu kuatir. Saya rasa usaha toko pakaian Anda yang sempat tersendat itu akan mulai menemui titik terang untuk menjadi lancar kembali. Namun jika hal ini ternyata tidak tercapai, maka bisa dipastikan adanya faktor-faktor penghambat tertentu, baik dari segi fengshui maupun lainnya. Dan jika sulit bagi Anda untuk menemukan dan menentukan dimana letak kesalahannya, cara paling sederhana untuk mengatasinya adalah dengan menjalankan ritual buang gangguan atau buang sial. Dengan ritual yang tujuannya adalah untuk membuang segala energi negatif ini, niscaya usaha Anda pun akan berjalan lancar tanpa hambatan berarti. Jika Anda berminat atau ingin mengetahui lebih lanjut tentang ritual buang gangguan ini, Anda bisa menghubungi saya pada nomor telepon yang tertera.

Pak Teddy,
Maaf kalau mengganggu Bapak, tapi ada hal yang ingin saya tanyakan. Saya memiliki seorang adik yang usianya terpaut enam tahun dibawah saya. Setahu saya, menurut perhitungan shio, kami ini disebut ciong. Yang ingin saya tanyakan adalah, apakah dengan kondisi seperti ini, masih ada peluang bagi kami berdua untuk bekerjasama dalam suatu bidang usaha ? karena adik saya agak manja dan orangtua kami merasa lebih nyaman kalau saya ikut mendampingi dalam menjalankan usaha. Atas jawabannya, saya ucapkan banyak terima kasih.

Ronny – Palangkaraya

Memang benar bahwa usia yang terpaut enam tahun secara shio disebut ciong atau tidak cocok. Ketidakcocokkan ini bukan hanya secara bisnis atau usaha saja, melainkan juga tidak dianjurkan untuk hubungan lainnya seperti persahabatan atau asmara. Karena antara dua orang yang beda usianya terpaut enam tahun ini memiliki cara pandang dan pola pikir yang sangat berbeda bahkan bertentangan, demikian pula dengan hoki atau kecocokkan dalam bidang usaha. Oleh karena itu akan sangat sulit untuk menyatukan dua orang yang memiliki usia terpaut enam tahun ini. Tetapi ada hal yang perlu diperhatikan, yaitu penanggalan shio dengan penanggalan nasional adalah memiliki perbedaan. Terkadang orang-orang yang lahir pada bulan Januari atau Februari sebenarnya masih mengikuti shio pada tahun sebelumnya dikarenakan kelahiran yang jatuh sebelum Imlek. Namun tentu saja ini tidak selalu demikian, karena Tahun Baru China atau Imlek sendiri jatuh pada tanggal yang berbeda-beda tiap tahunnya. Oleh sebab itu perlu diperhatikan kembali, apakah Anda dengan adik Anda benar-benar berada pada shio yang ciong, atau hanya berbeda usia enam tahun secara tahun penanggalan nasional namun tidak demikian jika dilihat secara shio. Jika ternyata antara Anda dengan adik Anda benar-benar berada pada shio yang ciong, tentunya memang akan sulit menemukan bidang usaha yang cocok untuk dijalankan berdua. Kesulitan yang paling utama tentunya adalah tentang kesamaan dalam cara pikir dan menerapkan kebijakan-kebijakan usaha. Saran saya, boleh saja Anda mendampingi adik Anda dalam memulai usaha sehubungan dengan kekuatiran orangtua. Kemudian pada saat adik Anda sudah mulai mantap, Anda bisa melepaskannya untuk menjalankan usahanya sendiri. Atau kalau mau terus berdampingan sebagai partner usaha, bukannya mustahil, namun tentunya diperlukan kesanggupan untuk banyak bertoleransi dari kedua belah pihak.

FENGSHUI :

Ibu Elvina Yth,
Saya memiliki sebuah toko di sebuah mal yang rencananya akan saya gunakan untuk membuka usaha berjualan barang-barang elektronik seperti earphone, headset dan sejenisnya. Ukuran toko kurang lebih 1.95×2.10 mtr, menghadap ke Selatan. Apakah toko saya kelak bisa maju ?

Ria – Jakarta

Untuk mengetahui apakah toko Anda sudah bagus dan sesuai menurut standar fengshui, saya membutuhkan lebih banyak keterangan. Misalnya apakah ada pintu dan jendela atau hanya merupakan kios terbuka saja. Kalau ada pintu dan jendela, menghadap kemana, berapa jumlah dan besarnya. Juga berada di deretan apakah toko Anda tersebut, apakah toko-toko yang berdekatan dengan toko Anda sama-sama berjualan elektronik atau tidak. Tetapi karena toko Anda berada di mal, saya rasa Anda tidak perlu kuatir karena yang saya perhatikan, mal-mal dan plaza sekarang ini sudah menggunakan fengshui dalam pembangunan maupun penataannya. Jadi tentunya sudah diatur sedemikian rupa agar memiliki aura yang bagus dan menarik. Yang perlu Anda perhatikan hanyalah penataan barang-barang, warna dan kebersihan serta kenyamanan. Barang-barang yang Anda pamerkan haruslah berkesan memiliki keanekaragaman dan komplit, serta ditata dengan rapi sehingga tidak membingungkan. Selain itu faktor kebersihan dan aroma yang segar juga berpengaruh. Mengenai arah yang menghadap ke selatan, untuk mengetahui dengan pasti arah mana yang paling cocok dengan Anda tentunya harus dilihat dari shio dan elemen Anda. Namun masih banyak hal yang menentukan hoki selain hanya sekedar arah yang tepat saja, misalnya hal-hal yang saya sebutkan diatas. Oleh karena itu kalau Anda menjalankan hal-hal tersebut, saya rasa usaha Anda akan cukup berhasil.

Kepada Ibu Elvina,
Apakah penerapan fengshui selalu berhubungan dengan membongkar atau merenovasi bangunan ? karena saya memiliki sebuah ruko yang dipakai sebagai tempat tinggal sekaligus kantor. Tetapi entah mengapa, para pegawai kerapkali silih berganti. Sepertinya ada sesuatu yang salah sehingga kantor saya mungkin terasa kurang nyaman dan mengakibatkan para pegawai berhenti. Karena dari segi gaji maupun lainnya, saya rasa sudah cukup standar dan tidak ada masalah. Sebenarnya saya ingin sekali mengkonsultasikannya dengan ahli fengshui. Masalahnya adalah, kalau menerapkan fengshui berarti harus melakukan pembongkaran bangunan, tentunya akan banyak memakan biaya. Hal inilah yang ingin saya hindarkan. Apakah itu mungkin ?

Damar – via email

Memang banyak orang yang beranggapan bahwa fengshui selalu berhubungan dengan pembongkaran bangunan atau renovasi yang tentunya memakan biaya tidak sedikit. Tetapi sebenarnya tidak mesti demikian. Karena banyak sekali faktor-faktor penentu dalam fengshui selain hanya soal pembongkaran bangunan saja. Walaupun bangunannya sudah direnovasi sesuai standar fengshui, tetapi kalau penataan ruangannya buruk, warna-warna dominannya kurang pas, kebersihan tidak terjaga dll, maka tetap saja hasilnya tidak maksimal. Lagipula ada berbagai macam unsur berupa dekorasi yang bisa ditambahkan di bagian-bagian yang memerlukan perhatian khusus atau pada bagian-bagian yang kurang bagus secara fengshui. Jadi unsur-unsur yang kurang bisa ditambahkan, yang kelebihan bisa dikurangi, dan yang buruk bisa diantisipasi. Dan untuk melakukan hal-hal tersebut tidak selalu harus diwujudkan dengan pembongkaran bangunan. Masih banyak hal-hal yang bisa dilakukan seperti menambahkan dekorasi yang sesuai, mengubah warna, membuat sekat ruangan, memindahkan tata letak barang-barang, dll. Oleh karena itu Anda tidak perlu kuatir untuk berkonsultasi dengan ahli fengshui jika membutuhkannya. Kalaupun misalnya Anda disarankan untuk melakukan renovasi, Anda bisa bertanya apakah ada alternative lain yang bisa Anda lakukan selain hal tersebut. Atau jika tidak memungkinkan, Anda bisa melakukan ritual buang gangguan atau buang sial.

Yth Ibu Elvina di tempat,
Pertanyaan saya singkat saja, yaitu apa sajakah tanda-tanda fengshui buruk ? saya dengar ada istilah demikian. Atas penjelasannya, saya ucapkan banyak terima kasih

Roy – Malang

Memang benar ada yang disebut sebagai fengshui buruk, yang sebenarnya adalah keadaan dimana penerapan fengshui pada suatu tempat benar-benar tidak sesuai bahkan bertentangan dengan para penghuninya sehingga mengakibatkan timbulnya hambatan dan masalah-masalah dalam kehidupan, baik kecil maupun besar. Tanda-tanda fengshui buruk antara lain adalah Anda atau anggota keluarga Anda kerapkali menderita sakit, rejeki tidak lancar, karier, usaha dan pekerjaan sulit berkembang, sering terjadi pertikaian akibat perbedaan pendapat antar anggota keluarga, dll. Kadangkala seseorang tadinya tidak mengalami masalah berarti dalam kehidupannya, sampai suatu ketika pindah tempat tinggal atau tempat usaha, kemudian segala hal-hal buruk tersebut pun mulai berlangsung. Jika demikian halnya, hampir dapat dipastikan bahwa penyebabnya adalah karena fengshui buruk. Namun jika segala hal buruk tersebut memang sudah terjadi sejak awal, maka penyebabnya belum tentu karena fengshui buruk. Bisa jadi karena ada ketidakcocokkan parah atau ciong besar antara shio-shio dan unsur para penghuni atau anggota keluarga.

4 Tanggapan to “Tanya Jawab Hoki Fengshui”

  1. Tjendrawati Says:

    Nama saya Tjendrawati..
    saya mau buka toko baru menjual sepatu eceran. Apa kira-kira nama toko yang baik dan membawa hoki?
    sekian dan terima kasih

  2. vivi Says:

    Ibu Elvina Yth,
    Saya lperempuan, tanggal lahir 29 juli 1988. Jam kelahiran 01.30. Saya sekarang ingin mencoba membuka usaha bakery. Apakah usaha ini cocok dengan saya atau ada alternatif usaha lain?
    Demikian mohon saran-saran dari Pak Teddy / bu elvina. trus nama toko yang cocok buat saya apa?..thx

  3. thya gracya Says:

    ibu Elvina Yth,
    saya perempuan, lahir hari rabu tanggal 01 april 1987, jam 11.56. saat ini saya akan membuka usaha jasa sanggar modelling dipadang. menurut ibu, apakah usaha saya ini cocok dengan saya?? dan saya butuh saran nama yg cocok buat saya
    thx

  4. verawati yulianti Says:

    Selamat siang ibu elvina,
    Nama saya verawati yulianti lahir di bekasi 9 juli 1990. Saat ini saya sedang meneruskan usaha keluarga saya di bidang furniture dgn nama toko yang berbeda yaitu Diamond Furniture.
    Tp saya ragu apakah nama ini cocok dengan usaha saya saat ini? Mohon bantu jawabannya 🙂 terima kasih

Tinggalkan komentar